TEMA: POLA KOMUNIKASI, PROFIL, DAN
MACAM-MACAM PUBLIC RELATIONS
Neni Yulianita dalam Bukunya Dasar-dasar
Public Relations (2007 : 91) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan pola
komunikasi public relations dalam suatu organisasi pada prinsipnya adalah
komunikasi yang terjadi pada setiap bagian dengan berbagai pihak untuk mencapai
tujuan organisasi. Dan agar terciptanya suatu pola komunikasi yang efektif dan
efisien maka komunikasi dalam organisasi dibagi menjadi komunikasi internal (Internal Communication) dan komunikasi
eksternal (Eksternal Communication).
Komunikasi internal adalah komunikasi
yang terjadi diantara orang-orang yang berada dalam suatu perusahaan. Proses
penyampaian informasi melalui saluran komunikasi formal dalam konteks
komunikasi internal dilakukan dalam kondisi kerja yang dapat dilakukan dari
pimpinan kepada bawahan dan sebaliknya, atau antar karyawan dalam level yang
sama. Dengan demikian pola transformasi informasi komunikasi organisasi dalam
aktivitas public relations dapat berbentuk: Pertama,
alur komunikasi dari atas ke bawah yakni alur komunikasi yang mengalir dari
pimpinan tertinggi ke bawahan. Fungsi komunikasi dari atas ke bawah adalah
untuk memberikan pengertian mengenai sesuatu, misalnya dalam bentuk
perintah/instruksi, pengarahan, pemberian informasi, penilaian pimpinan
terhadap pelaksanaan kerja bawahan, penanaman ideologi, pemberian penghargaan,
melakukan teguran, dan pemberian insentif atau tunjangan. Kedua, alur komunikasi dari bawah ke atas Alur komunikasi yang
mengalir dari bawahan ke pimpinan tertinggi suatu organisasi, biasanya mengalir
sepanjang rantai komando. Fungsi komunikasi dari bawah ke atas adalah untuk
memberikan pengertian mengenai sesuatu, misalnya permohonan bantuan, kritikan,
laporan prestasi kerja, saran, usulan anggaran, keluhan, opini dan lain-lain.
Untuk diketahui dan dijadikan bahan penentuan kebijakan dalam rangka
kepemimpinan pada umumnya. Ketiga, alur
komunikasi horizontal yakni komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang
memiliki posisi sejajar dalam suatu organisasi. Tujuan komunikasi horizontal
antara lain untuk melakukan persuasi, mempengaruhi, dan memberi informasi kepada
bagian atau departemen yang memiliki kedudukan sejajar. Keempat, Komunikasi diagonal yakni komunikasi antara dua kedudukan
dalam struktur organisasi yang berbeda dan tidak mempunyai garis komando dapat
melakukan kegiatan komunikasi.
Adapun komunikasi eksternal
adalah komunikasi yang dilakukan oleh pihak organisasi/perusahaan melalui
kesepakatan manajemen untuk melakukan kegiatan koomunikasi dengan pihak luar
atau publik yang berada diluar organisasi yang tentunya menjadi perhatian.
Karena bagaimanapun tanpa dukungan publik luar ini, keberhasilan suatu
organisasi/perusahaan sulit tercapai. Hal tersebut memberikan konsekuensi bagi
pihak organisasi untuk dapat meriah perhatian publik luar dan menarik simpati
publik luar terhadap organisasi, sehingga mereka mau bekerjasama dengan pihak
organisasi/perusahaan. Kegiatan
komunikasi eksternal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika kegiatan
komunikasi dari pihak organisasi atau perusahaan kepada pihak luar, maka dapat
dilakukan dalam bentuk misalnya: Untuk publik umum dan publik konsumen dapat
dilakukan kegiatan komunikasi melalui periklanan, promosi, publisitas, pameran.
Untuk publik pers dapat dilakukan kegiatan komunikasi melalui press conference,
press release, press interview, press tour. Untuk publik bidang pendidikan
dapat dilakukan kegiatan komunikasi melalui open house dan pemberian beasiswa. Untuk
publik pelanggan dapat dilakukan kegiatan komunikasi melalui media massa,
special discount, ucapan selamat ulang tahun, selamat idul fitri, Selamat tahun baru. Sedangkan jika kegiatan komunikasi dari publik luar
kepada pihak organisasi dapat dilakukan dalam bentuk penyampaian opini publik
(melalui surat, media massa, telepon, dsb), penyampaian keluhan-keluhan
berkaitan dengan barang dan jasa, kritikan-kritikan, dan lain-lain.
Adapun Profil Humas dapat berupa: Pertama, Humas yang
Melembaga/In-House PR yakni humas yng terdapat pada suatu organisasi
atau perusahaan. Yang di dalamnya terdapat pimpinan dan bawahan. Kedua, Humas Agency/Ekstern PR
yakni sebuah lembaga atau perusahaan independen yang berbadan hukum dan
bergerak dalam layanan bidang humas. Ketiga,
Event Organizer yakni perusahaan
yang melayani jasa sebagai pelaksana sebuah event/kegiatan yang
berhubungan dengan publik. Perusahaan ini cenderung spesialis, misalnya: Launching
product, Pameran/ exhibition Pertemuan-pertemuan (seminar,
lokakarya, konvensi, konferensi) Jumpa pers/press conference, press
tour, dan sebagainya, Show dan kontes-kontes.
Public
relations terdiri dari beberapa macam: Pertama,
Humas Pemerintah Lembaga humas yang melakukan fungsi management dalam bidang
informasi dan komunikasi untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik
melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra yang positif
instansi pemerintah. Kedua, Humas
Sosial Misi utama humas sosial adalah mengembangkan saling pengertian,
kepercayaan, dan bantuan atas kerja sama. Ketiga,
Humas Industri dan Bisnis meliputi : - Hubungan dengan pelanggan dan peran
humas terhadap marketing yang pada akhirnya melahirkan terapan marketing PR -
Hubungan dengan pemegang saham - Hubungan dengan pers, bantuan untuk merekrut
pegawai baru - Hubungan dengan komunitas - Hubungan dengan
perusahaan/organisasi lain - Hubungan dengan pemerintah. Keempat, Humas Profesi Maksud penerapannya adalah untuk mendapatkan
pengakuan dan keprofesionalan dan publikasi tentang apa yang telah mereka
lakukan bagi kepentingan umum. Kelima, Humas
Organisasi Sukarela Peranannya untuk merancang suatu program progresif,
termasuk didalamnya mengadakan hubungan dengan pers. Keenam, Humas Organisasi Internasional Humas internasional
disebabkan oleh adanya perubahan sangat cepat di dalam segala bidang. Dan ketujuh, Humas Penegak Hukum Banyak
golongan penegak hukum merasa perlu untuk membentuk grup-grup penasihat warga
Negara dan merangkap sebagai penjabat humas untuk bekerjasama dengan mereka dan
para media massa.
Sumber :
Yulianita, Neni, Dasar-dasar Public Relations.Bandung: P2U-LPPM UNISBA, 2007
https://rofiah995.blogspot.co.id/2016/07/macam-macam-humas.html
diakses pada tanggal 25 November 2017 PUKUL 11:11 WIB
http://referensi-plus.blogspot.co.id/2016/12/definisi-dan-profil-public.html diakses pada tanggal 05 Desember
pukul 09.07 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar